Tingkat Akhir, Proposal, dan Skripsi

Hasil gambar untuk semangat mahasiswa tingkat akhir


Haai ...

Sekarang aku tahu bagaimana rasanya berada di tingkat akhir masa perkuliahan. Sekarang aku juga tahu mengapa ada mahasiswa yang telat lulusnya. Sebagian dari mereka mangkir dari tugas utamanya bukan karena malas, tapi karena telah menemukan passion atau sesuatu hal yang mereka senangi dan geluti yang membuat mereka agaknya melupakan kewajibannya untuk segera mengakhiri masa perkuliahan. Sebagian lain pun telah menemukan pekerjaan yang mereka minati, atau terpaksa bekerja demi memenuhi kebutuhan tingkat akhirnya (red: penelitian). Dan ... sebagian lainnya adalah kaum-kaum yang sedang berusaha menemukan ritme, gairah, dan mood dalam mengerjakan tugas akhir tersebut. Aku tak mau menyebutnya pemalas hahaha ... dan mungkin aku berada pada kategori yang terakhir tersebut. 

Mengerjakan tugas akhir sebagai persyaratan untuk mendapatkan gelar di belakang nama ini bukan perkara yang mudah, pun juga bukan sesuatu yang dianggap susah. Perkara mudah atau susah itu tergantung bagaimana cara kita memandang. Untuk sebagian orang pasti menganggap tugas akhir ini layaknya tugas biasa pada umumnya, hanya saja dengan jumlah sks yang lebih besar dan tentunya melibatkan birokrasi yang cukup panjang pula ditambah dengan biaya yang tidak bisa dibilang rendah. 

Tentunya dalam mengerjakan tugas akhir selalu ada hal-hal yang menghambat pengerjaan. Tapi pasti ada saja yang menjalaninya layaknya jalan tol saat tengah malam (lempeng tanpa aral melintang). Salah satu hambatan alias musuh terbesar para pejuang tugas akhir/skripsi adalah rasa MALAS dan TIDAK FOKUS. Ini persoalan yang sering kali menghampiri para mahasiswa tingkat akhir. Termasuk aku-yang-saat-ini-mengetik-blog-dengan-tujuan-mengembalikan-fokus. hahahaha banyak alasan. Sesungguhnya saat ini aku benar-benar kehilangan fokusku untuk mengerjakan proposal penelitian. Aku harus segera kembali fokus namun aku tak tau apa yang harus aku lakukan. Aku merasa ......... bosan (?) entahlaah. Pada akhirnya aku mengetik ini untuk menuangkan apa yang aku pikirkan.

Rasa MALAS dan HILANG FOKUS itu bisa dihindari dengan berkumpul dengan sesama pejuang skripsi. Dengan bertemu mereka, kamu akan merasa ada teman seperjuangan yang juga sama-sama ingin segera memerdekakan diri. Tidak hanya itu, kamu juga bisa sedikit banyak berkonsultasi berdiskusi dengan mereka tentang topik penelitian mu. Sehingga kamu masih berada dalam atmosfer yang mampu membuatmu untuk tetap fokus mengerjakan. Sesungguhnya ini sangat membantu sekali kawan ... cobalah. 

Hal kedua yang menjadi hambatan adalah rasa LELAH. Untuk hal ini kamu hanya perlu beristirahat. Tak perlu kamu vorsir diri kamu mengerjakan setiap hari setiap jam setiap menit. Bisa-bisa kepala kamu mengeluarkan  asap dan akhirnya tumbang. Kamu juga butuh refreshing, tapi juga kamu harus tahu diri hahaha. Jangan keenakan refreshing trus akhirnya lupa. Dan jangan terlalu lama. Setidaknya satu hari cukup untuk menghirup udara segar atau sekedar menonton. hehehe Ingat jangan terlalu lama refreshing ...

Aaah macam benar saja aku memberikan wejangan. Yaa setidaknya semoga ini membantu kalian dan aku yang sedang mencoba mengembalikan fokuskuu hahaha. 

Rindukah?

Diam ...
ternyata membuatku semakin sesak
seolah ada sesuatu yang mengganjal di dada
namun tak bisa dibebaskan
sesak ...

apa yang terjadi?
bayangmu yang muncul
memperparah keadaan

apa maksud semua ini?
rindukah?
pada siapa?
pada-Nya kah?
atau pada ciptaan-Nya?

jika memang benar ini rindu,
rindu pada ciptaan-Nya
biarkan tersimpan dan tertata dengan rapi
hingga pada akhirnya waktu yang menjawab
atas izin-Nya

Trip To Lampung Palembang Bangka Part 3

30 Desember 2015 - 1 Januari 2015
Pangkal Pinang, Parai Beach, Tanjung Kelayang

Berjalan di tepi pantai, menikmati ombak yang seolah membawa kita pergi ke tengah laut. Pantai Tanjung Kelayang, siang hari
Save our beach, love our beach
What the ??? Aku ndak punya pacar, jaga hati aja kalo gituu :')
Welcome ... 
Khasnya pantai di daerah Bangka adalah banyak batuan ginii, tapi hati2 yaa pake sendal, ntar kakinya pada lecet
3 manusia berkacamata. mirip nggak? wkwk
KPM 49 !
Parai beach, some people said it is a beautifull beach, i dont think so ...
menerawang jauh. aku rindu, apa kabar kamu disana?
...
(masih) di Pantai Kelayang
Ini tempat pembuangan bung Karno (katanya) di Muntok, Bangka. sayangnya nggak masuk ke dalem krn mau pulang.
This is the real Dramaga hahaha *if you know what i mean :p

Trip to Lampung Palembang Bangka Part 2

27-28 Desember 2015
Palembang, Pulau Kemaro

Jembatan Ampera di malam hari
Me, my lil sist, mom, my third sist ... celebrating moms birthday in the car
Pempek asli Palembang, makannya di Palembang, rasanya beda cuuy. Ini belinya di Pempek Bu Husna.
(Masih) Pempek asli Palembang, yg ini Pempek Kapal Selam
Jembatan Ampera di siang hari, diambil dari sungai Musi menuju ke Pulau Kemaro
Klinik Terapung. Penasaran kayak apa ...
Burung Bangau? 
my lil sist in front of Patung Budha di Pulau Kemaro
Pagoda, Pulau Kemaro. Dibangun tahun 2006 dan sering dikunjungi wisatawan atau juga digunakan sebagai upacara keagamaan
Batu Interpretasi
... entah apa namanya
my bro, and mom, me and my sist before we went to P. Kemaro
forget me, focus on my sist hand wkwk
Vihara ... masih di Pulau Kemaro

Trip To Lampung Palembang Bangka Part 1



December 26th, 2015
Bandar Lampung, Lapangan Saburai.
Jumpa Volkswagen Sumatera 2


Entah pulau apa namanya, foto diambil dari kapal ferri, 26 Desember 2015.

Senja di Selat Sunda.
Jumpa Volkswagen Sumatera 2, Mobil VW Kodok berjajar rapi
Jumpa Volkswagen Sumatera 2, Mobil VW Safari yg kece punya dijadiin model pameran
Jumpa Volkswagen Sumatera 2, Mobil VW Safari berjajar rapi
Jumpa Volkswagen Sumatera 2, Mobil VW Kodok berjajar rapi
Jumpa Volkswagen Sumatera 2, Mobil VW Safari modif
Jumpa Volkswagen Sumatera 2, Mobil VW Kombi terparkir rapi
Jumpa Volkswagen Sumatera 2, Mobil VW Caravelle. *Apa lu liat-liat? ahahaha
Jumpa Volkswagen Sumatera 2, Mobil VW Caravelle bersiap menuju Bangka yeay !!

2016 Resolutions?


Resolutions? I think most of people have written their resolutions, their dreams for this year. Year after year, honestly i never wrote down my resolutions or my dreams. I think that's why sometimes i forgot what should i do, or what i have done. Its all my mistakes ...

So, i try to write my resolutions this year and my dreams. Should i write it down in here too ?? hehehe ... What i really really want to do in this year is :
1. Finish my research proposal, do the research and the last is thesis.
2. Graduate on September.
3. Find a job! being a reporter
4. Save money
5. Have my own Laptop
etc

Well thats some of my BIG resolutions this year. I hope i can achieve it. Aamiin...

Tahun Baru Tampilan Baru



Its not too late to say Happy New Year right? Hehehe ...

Happy New Year Everyone !!!

Tahun baru sudah tiba, sudah saatnya memperbaiki dan menjadikan diri yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Blog ini mengalami penurunan drastis dari tahun sebelumnya (2014), yang punya blog lagi males nulis ditambah (sok) sibuk gituu. Jadinya blognya kosong. Padahal banyak hal yang bisa diceritakan, mulai awal kepengurusan Koran Kampus IPB, bagaimana perjalanan (ng)uliah, dan organisasi, trus Kisah Kasih Nyata (KKN) sampai liburan akhir tahun baru kemarin. Yaa mungkin gue akan mencoba menyempatkan diri lagi untuk mengisi kekosongan yang melanda blog gue di tahun ini hahaha... 

Like the picture said "... write a good one". Sebagai awal untuk menyambut tahun baru gue juga mulai membenahi bentuk blog gue. Salah satunya memperbarui tampilan blog gue (layout). Mencoba mencari yang simple tapi tetep dinamis dan akhirnya menemukan layout yang ini. Akhirnya diganti deeh. Yaah semoga konsisten yaa..



End of The Year

December 31st, 2015

Akhir tahun. Setiap tahun punya cerita tersendiri soal perayaan tahun baru. Tahun lalu kalo nggak salah inget, menghabiskan akhir tahun bareng "Keluarga Kecil" Koran Kampus di Cendana (red: Komplek Perumdos) sambil bakar-bakar jagung. Sebelumnya dihabiskan dengan rapat pembentukan Dewan Direksi untuk kepengurusan Dinasti Asadiyah. Beda sama tahun baru sekarang. Menghabiskan waktu bersama Keluarga ditemani Komunitas Caravelle touring ke Bangka. Perayaannya nggak jauh beda, nggak lepas dari sesi bakar-bakar. Cuma beda lokasi aja. Sekarang ngerayainnya di pantaiiiiiii ...

December 3rd, 2015

December 3rd, 2015 ...

Masjaw, Rona, Rezky, Ine(m), kurang satu orang hafizh :' Love youuuuuu
21 tahun sudah aku hidup di dunia ini. Beruntung aku masih diberi kesempatan menikmati indahnya hidup dan indahnya dunia. Masih diberi rezeki yang tak terkira, dengan menghadirkan keluarga, sahabat dan teman-teman di sekitarku. Tanpa mereka aku hanya seonggok daging yang berjalan tanpa arah. Sedikit berlebihan memang, tapi aku akui sedikit banyak aku masih bergantung pada mereka. Karena tak jarang aku meminta pendapat mereka akan suatu hal. Sering pula aku berkeluh kesah kepada mereka namun tetap tak lupa bersenang-senang bersamaaa ...

Selama 21 tahun ini tentu saja ada perayaan kecil-kecilan sebagai rasa syukur kepada yang MahaPencipta karena masih diberi kenikmatan. Dan selama itu pula aku merasa momen kali ini menjadi momen yang cukup haru. Di keluargaku memang bukan tipe orang-orang yang mampu meluapkan perasaannya (kecuali amarah) terlebih rasa sayang. Bukan tipe orang yang bisa mengucapkan "Aku sayang ibu dan ayah" secara langsung, bahkan melalui teknologi canggih bernama sms, bbm, whatsap dan line pun jarang dan susah (termasuk aku). Dan pada hari itu aku menerima pesan dari seseorang yang sudah melahirkan ku, merawat ku, dan membesarkan ku. Isi pesan itu pun mampu membuatku berkaca-kaca. Pesan singkat yang cukup sederhana ...
"Met milad ya my baby girl, wish you all the best, Sukses sehat n just focus on script," -my beloved mom. 
My baby girl ... baca itu rasanya ... terharu. Walaupun sudah sebesar ini, sudah setua ini, aku tetep jadi "baby girl"nya ibu. That's sweet. Jarang-jarang dapet kata-kata ini dari ibu. Love you mom.

Nggak cuma pesan dari ibu yang membuat aku terharu. Ucapan dan doa dari teman-teman jugaa. Terlebih banyak orang-orang baru yang mengucapkan dan berdoa untukku. Walaupun ada teman baru, orang baru, tapi tetap ada teman lama yang selalu setia mencoba hadir menemani. Aku hanya bisa bersyukur aku dipertemukan dengan orang-orang seperti mereka. Mungkin ini jadi perayaan terakhir, karena kami harus menjalani kehidupan pasca kampus. Aku hanya bisa berharap dan berdoa aku, dan mereka, masih bisa menjalin silaturahmi. Bagaimanapun juga silaturahmi itu penting bukan?
Hari itu juga, aku dan mereka melakukan perayaan kecil. Bukan surprise selayaknya yang romantis namun itu sangat cukup menambah kenangan baru. Kenangan yang akan selalu dirindukan.

Terima kasih, Bapak, Ibu, Teman atas segalanya ...

Inem, rezky, masjaw, Rully, Rona, Vira, Dary *bertemu tanpa sengaja haha


korpus family, late surprise but it was great.
Kiri-Kanan : Putri, Ritdza, Intan, Ratna, Kuntum, Rezky, Ira
anak-anak HRD ku sayang ... Kuntum, Rezky, Ira

Babakan Family in Memory

Babakan Squad. KKNP Cirebon 2015. Lucu aja tiap liat foto yang ini hahaha 

Babakan Squad + Dosen Pembimbing Lapang tercinta, Pak Tejo

Geng Babang (Babakangebang) yang hampir nggak pernah lengkap dan ini momen satu2nya bisa foto berlima