Tingkat Akhir, Proposal, dan Skripsi

8:09 PM rezkyka 0 Comments

Hasil gambar untuk semangat mahasiswa tingkat akhir


Haai ...

Sekarang aku tahu bagaimana rasanya berada di tingkat akhir masa perkuliahan. Sekarang aku juga tahu mengapa ada mahasiswa yang telat lulusnya. Sebagian dari mereka mangkir dari tugas utamanya bukan karena malas, tapi karena telah menemukan passion atau sesuatu hal yang mereka senangi dan geluti yang membuat mereka agaknya melupakan kewajibannya untuk segera mengakhiri masa perkuliahan. Sebagian lain pun telah menemukan pekerjaan yang mereka minati, atau terpaksa bekerja demi memenuhi kebutuhan tingkat akhirnya (red: penelitian). Dan ... sebagian lainnya adalah kaum-kaum yang sedang berusaha menemukan ritme, gairah, dan mood dalam mengerjakan tugas akhir tersebut. Aku tak mau menyebutnya pemalas hahaha ... dan mungkin aku berada pada kategori yang terakhir tersebut. 

Mengerjakan tugas akhir sebagai persyaratan untuk mendapatkan gelar di belakang nama ini bukan perkara yang mudah, pun juga bukan sesuatu yang dianggap susah. Perkara mudah atau susah itu tergantung bagaimana cara kita memandang. Untuk sebagian orang pasti menganggap tugas akhir ini layaknya tugas biasa pada umumnya, hanya saja dengan jumlah sks yang lebih besar dan tentunya melibatkan birokrasi yang cukup panjang pula ditambah dengan biaya yang tidak bisa dibilang rendah. 

Tentunya dalam mengerjakan tugas akhir selalu ada hal-hal yang menghambat pengerjaan. Tapi pasti ada saja yang menjalaninya layaknya jalan tol saat tengah malam (lempeng tanpa aral melintang). Salah satu hambatan alias musuh terbesar para pejuang tugas akhir/skripsi adalah rasa MALAS dan TIDAK FOKUS. Ini persoalan yang sering kali menghampiri para mahasiswa tingkat akhir. Termasuk aku-yang-saat-ini-mengetik-blog-dengan-tujuan-mengembalikan-fokus. hahahaha banyak alasan. Sesungguhnya saat ini aku benar-benar kehilangan fokusku untuk mengerjakan proposal penelitian. Aku harus segera kembali fokus namun aku tak tau apa yang harus aku lakukan. Aku merasa ......... bosan (?) entahlaah. Pada akhirnya aku mengetik ini untuk menuangkan apa yang aku pikirkan.

Rasa MALAS dan HILANG FOKUS itu bisa dihindari dengan berkumpul dengan sesama pejuang skripsi. Dengan bertemu mereka, kamu akan merasa ada teman seperjuangan yang juga sama-sama ingin segera memerdekakan diri. Tidak hanya itu, kamu juga bisa sedikit banyak berkonsultasi berdiskusi dengan mereka tentang topik penelitian mu. Sehingga kamu masih berada dalam atmosfer yang mampu membuatmu untuk tetap fokus mengerjakan. Sesungguhnya ini sangat membantu sekali kawan ... cobalah. 

Hal kedua yang menjadi hambatan adalah rasa LELAH. Untuk hal ini kamu hanya perlu beristirahat. Tak perlu kamu vorsir diri kamu mengerjakan setiap hari setiap jam setiap menit. Bisa-bisa kepala kamu mengeluarkan  asap dan akhirnya tumbang. Kamu juga butuh refreshing, tapi juga kamu harus tahu diri hahaha. Jangan keenakan refreshing trus akhirnya lupa. Dan jangan terlalu lama. Setidaknya satu hari cukup untuk menghirup udara segar atau sekedar menonton. hehehe Ingat jangan terlalu lama refreshing ...

Aaah macam benar saja aku memberikan wejangan. Yaa setidaknya semoga ini membantu kalian dan aku yang sedang mencoba mengembalikan fokuskuu hahaha. 

You Might Also Like

0 comments: