UTS dan Belajar??!!

12.38 rezkyka 0 Comments

AAAAAAAAAA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

UTS COMIIIIIIIIING!!!!!!!!!!!!

Waktu semakin berjalan cepat. Bukan. Bukan berjalan tapi BERLARI. Yaa. BERLARI. Baru aja kemarin gue merasa jadi anak baru tahun kedua. Baru ngerasaian MPD dan MPF. Ngeliput MPKMB 50. Terbitin Majalah Koran Kampus Edisi MABA. Ngeliput Dies Natalis IPB. Ikut acara KERIS ke Ujung Genteng dan Sekarang udah masuk UTS ajah. Apa-apaan??!! -___-

Yaa beginilah kehidupan Mahasiswa, pelajar dan sejenisnya. Harus dihadapkan dengan ujian (tertulis/lisan) setiap tengah semester dan di akhir semester untuk evaluasi belajar. (sistem kebut semalam/seminggu) SKS udah bukan lagi hal asing bagi mahasiswa dan sejenisnya. H-7 Ujian sebagian mahasiswa baru mulai nyari bahan-bahan ujian semacam slide, modul atau soal" tahun lalu bahkan mungkin fotocopy catetan temennya. Ini bukan fenomena yang asing lagi bagi mahasiswa. Termasuk gue mungkin. H-7 Ujian baru nyari slide atau modul. Ngenesnya, slide atau modul itu terkadang hanya khusus UTS doang. Jadi, kepake cuma buat belajar materi UTS selama seminggu atau bahkan sehari, setelah itu udah aja nggak kepake. Ngenes cooyy.... Mending duitnya buat makan atau jajan. Pfftt.... Eh tapi nggak gitu juga deeh.

Terus gimana sih cara belajar yang bener biar nggak ngenes-ngenes banget? Menurut gue nih yaa..
1. Dari awal semester itu harusnya udah ada persiapan "perang" macem slide atau modul. Baik print out atau dari laptop.
2. Kenali model belajar diri masing-masing. Karena tipe belajar orang itu beda-beda. Ada yang serius belajar waktu perkuliahan berlangsung atau sebaliknya. Di kuliah cengengesan, tapi sebenernya dia belajar di rumah. Well.. agak hati-hati dengan orang kayak gini. Biasanya Jebakan Asia Pintar. -__- Jebakan Asia Pintar = bilangnya nggak belajar, nggak ngerti apa-apaa, tapi sekalinya ujian hasilnya bagus. Nyebelin kaan..

Udah siih menurut gue yaa dua itu. Untuk yang belajar yaa tergantung orangnya masing seperti yang gue bilang tadi. Ada yang kuliahnya serius, merhatiin dosen, nyatet materi lengkap ada juga kuliah cuma numpang tidur sama absen, belajarnya di rumah, atau emang anaknya kelewat cerdas nggak pernah belajar tapi dia ngerti apa yang diomongin dosen, apa materinya, diem-diem dia memerhatikan. Ada yang kuliah serius, di rumah juga belajarnya serius, jadi study oriented. Hmm... unik juga lihatnya, banyak variasi belajar, banyak juga yang cara belajarnya unik. Kayak, kalo belajar harus diapalin, trus hasil hafalannya itu diucapin. Ada juga, yang abis belajar trus dia mencoba menerangkan kembali dengan kata-katanya sendiri, seolah menjadi guru. Ada yang belajar sambil dengerin lagu, atau dengerin suara tv karena dia nggak bisa belajar di tempat yang terlalu sepi. Ada yang belajar itu mojok cari tempat sepi biar bisa fokus (kalo gue malah jadi horor terlalu sepi, hening). Ada juga yang belajar cuma baca doang trus tiba-tiba dia ngerti. Yaa semua tergantung diri masing-masing.

Jadi kenali cara belajarmu sendiri yaa, kamu masuk tipe yang mana, nyaman sama yang mana.

SELAMAT BELAJAR! SELAMAT UTS!
Viel Erflog yaa =D

You Might Also Like

0 comments: